Peta Jalan

Kelompok Keahlian Teknik Fisika mengembangkan sains, teknologi, dan aplikasi dengan peta jalan sebagai berikut:

  • Menguasai sains dasar teknik fisika yang multi-skala, mulai dari sistem makro (mekanik, fluida, thermal), mikro (akustik, listrik, magnet, cahaya) hingga nano (molekular, atomik).
  • Mendalami teknologi dasar pemrosesan material dan sistem energi, beserta teknik pengukuran untuk mengumpulkan data fisis, teknik komputasi untuk menyimpan, mengolah dan belajar dari data fisis, serta teknik otomasi untuk memanipulasi sistem fisis.
  • Mengembangkan teknologi lanjut untuk mengkondisikan alam secara pasif (hanya memanipulasi material dan energi) maupun aktif (melibatkan otomasi).
  • Memadukan teknologi multi-disiplin untuk membangun sistem lestari dan cerdas (bekerja sama dengan berbagai keahlian lain).
  • Membangun berbagai sistem aplikasi, mulai dari pemantauan dan pengkondisian lingkungan terbuka (misalnya perkebunan, jalan, kota, stadion), lingkungan hidup tertutup (misalnya rumah kaca, bangunan hijau, gedung konser) hingga sistem otonomus yang dapat beroperasi secara mandiri di lingkungan tersebut dan berinteraksi dengan manusia (misalnya kendaraan hemat energi, robot pelayan).

Dengan road map pengembangan kelimuan tersebut, KK Teknik Fisika siap mendukung era industry 4.0 maupun society 5.0.